Oke sampai jumpa lagi sobat blogger , kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat mobil di 3D SMAX , oh iya saya mendapatkan ilmu ini dari guru saya di SMK NEGERI 1 WANAREJA. Materi yang akan di pelajari dalam membuat mobil di 3D SMAX adalah sebagai berikut :
Create : Circle,Regtangle, Torus, Sphere
Modifier List : Symmetry, Squeeze
Material : Multi/ Sub-Object
Pertama Kita harus Memodeling bagian per bagian mobil kita mulai dari bawah.
Modeling Spakbor Ban
1. Buatlah kota dan lingkaran 2D dengan panel create, lalu pilih shapes, kemudian klik tombol Rectangle dan Circle pada Viewport Front.
2. Supaya Circle menjadi curva biasa, klik kanan objek circle, lalu pilih Menu Convert to lalu pilih Convert To editable Spline
3.Untuk menjadikan kedua objek tadi menjadi tunggal, Aktifkan Circle dengan menggunkan Select Object, pada pannel Modify, klik tombol Attach, sesudah itu klik di Rectangle.
#Salam Blogger
#Admin
Modifier List : Symmetry, Squeeze
Material : Multi/ Sub-Object
Pertama Kita harus Memodeling bagian per bagian mobil kita mulai dari bawah.
Modeling Spakbor Ban
1. Buatlah kota dan lingkaran 2D dengan panel create, lalu pilih shapes, kemudian klik tombol Rectangle dan Circle pada Viewport Front.
2. Supaya Circle menjadi curva biasa, klik kanan objek circle, lalu pilih Menu Convert to lalu pilih Convert To editable Spline
3.Untuk menjadikan kedua objek tadi menjadi tunggal, Aktifkan Circle dengan menggunkan Select Object, pada pannel Modify, klik tombol Attach, sesudah itu klik di Rectangle.
4 . Untuk membuat segmen, aktifkan dulu modus Spline, lalu klik tombol Trim sesudah itu kita pilih garis yang tidak terpakai.
5 .Habis kita Trim (hapus) biasanya di Vertex tidak menyatu, untuk itu kita perlu menyambungnya dengan perintah Weld. Seleksi kelompok vertex (tanda lingkaran), atur nilai Weld misal 6 atau 5 agar jangkauannya lebih luas lalu kita klik tombol Weld.
6. Supaya garis tidak melengkung, rubah kedua Vertex menjadi Corner, Caranya aktifkan Vertex lalu klik kanan mouse pada Menu pilih Corner, dengan menggunakan Select And Move geser Vertex tadi supaya menjadi tegak lurus.
8. Sekarang kita beri ketebalan 3D dengan mengklik Modify lalu pilih modifier listnya Extrude, pada parameter Amount = 50 (bebas yang penting supaya kelihatan tebal)
9. Setelah menjadi objek 3D, sekarang Convert menjadi Editable Poly suapaya lebih bebas dalam mengeditnya nanti, Caranya klik kanan pada objek tersebut, pilih menu Convert to lalu pilih Convert to Editable Poly
10. Setelah menjadi Editable Poly, aktifkan modus Polygon. Pilih semua polygon ( Ctrl + a ) kecuali untuk membentuk spakbor saja (tidak terseleksi) seperti pada gambar di bawah
Ya mungkin segitu saja dulu tutorial dari Deary Cah Ndeso Semoga artikelnya bermanfaat untuk sobat blogger mania. Selamat Mencoba!#Salam Blogger
#Admin
0 Komentar untuk "Membuat Mobil di 3D Studio Max Part 1 (Spakbor) | Deary Cah Ndeso"